Laman

02 Januari 2011

Wabup Desra Ediwan

Jambore BNK Penting Untuk Sosialisasi Bahaya Pemakaian Narkoba

Solok---.Jambore Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Solok ke IV disambut dengan suka cita oleh Wakil Bupati Solok Drs. Desra Ediwan sebagai wahana untuk pembelajaran terhadap generasi muda, khususnya para pelajar tentang bahaya pemakaian Narkoba. Jambore yang pembukaannya berlangsung, Kamis (30/12) kemarin di bumi perkemahan Mapolres Solok mendapat sambutan luar biasa dari warga Lubuk Selasih, nagari Batang Barus khususnya.

“ Pemerintah daerah mengapresiasi kegiatan yang digelar jajaran Polres bersama BNK kabupaten Solok, “ kata Desra Ediwan di Lubuk Selasih.

Dalam kapasitasnya sebagai Ketua BNK Solok, Desra mengungkapkan bahwa masalah penyalahgunaan narkoba di Indonesia telah merambah sebagian besar masyarakat, bahkan sampai pada kelompok usia produktif. Gejala buruk itu sangat mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“ Kita sadari menghadapi kejahatan narkotika bukan perkara mudah. Kita sudah dihadapkan dengan suatu yang terorganisir atau dikenal juga sebagai organization crime, papr Desra Ediwan.

Permasalahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba juga bersifat multidimensional sehingga harus ditangani secara komprehensif, konseptual dan terintegrasi. Tidak saja dilingkungan lembaga-lembaga pemerintah terkait, tetapi juga melibatkan masyarakat luas.

Untuk itu, adalah sangat penting dan berharga momentum jamboree BNK dijadikan wadah sosialisasi dan pengembangan pengetahuan tentang bahaya pemanfaatan barang haram itu. Sehingga ke depan semua pihak, terutama kaum remaja dan pelajar di Kabupaten Solok lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap peredaraan barang haram tersebut.

Sementara itu, Kapolres Solok AKBP Ali Absar Said selaku penanggung jawab kegiatan bersama ketua Pelaksana Jambore BNK Kompol Asmar Yunus memastikan peserta jamborew BNK mencapai sebanyak 3500 orang, yang terdiri dari 3200 orang utusan sekolah dan pramuka, 200 orang guru pendamping serta 40 orang pemuda nagari.

“Sebanyak 620 tenda akan meramaikan bumi perkemahan Mapolres ini sampai tanggal 1 Desember 2011, “ kata Ali Absar.

Disamping melakukan penyuluhan bahaya pemakaian Narkoba, 90 orang Kader PKS (Polisi Keamanan Sekolah) dari 9 sekolah yang berada di sepanjang jalan utama Solok-Padang akan dilatih menjadi petugas keamanan dilingkungannya. Sedangkan para pemuda serta merta dilatih menjadi relawan penyelamat bencana alam.

“ Moementum Jambore BNK sekaligus dimanfaatkan untuk penananam pohon sebanyak 7010 bibit penghijauan yang ditanam di lokasi perkemahan, serta pengukuhan pramuka saka Bhayangkara “ kata Kapolres Solok.-****-