Laman

14 Februari 2011


Kabupaten Solok Bakal Dapat Program PNPM Bidang Pariwisata

Untuk pertama kali dalam sejarah kepariwisataan, kabupaten Solok tahun 2011 ini dipastikan bakal menerima dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Bidang Pariwisata dari Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia .
“ Alhamdulillah, berkat komunikasi yang kita kembangkan di Jakarta dan memberikan informasi tentang potensi kepariwisataan Kabupaten Solok, kita bakal dialokasikan dana PNPM Mandiri Bidang Pariwisata tahun 2011 ini, “ kata Drs, Jasman, MM, kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Solok di ruang kerjanya, Jum’at (11/2).

Disebutkan Jasman, Program tersebut efektif untuk mengentaskan kemiskinan, khususnya masyarakat yang berada di lingkungan objek wisata. Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pariwisata itu sendiri  dimotori oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kembudpar).
"Program PNPM Mandiri ini tentulah dalam usaha meningkatkan potensi bidang kepariwisataan, khususnya peningkatan sumber daya manusia (SDM). Kita berharap program ini serta merta akan menggugah kesa-daran pariwisata rakyat,” sebut Jasman.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Solok itu menyebutkan daerah penghasil beras itu memiliki banyak objek wisata potensial. Tidak hanya kekayaan alam dengan panorama danaunya yang mengyejukkan, potensi wusata sejarah dan budaya merupakan harmonisasi keindahan yang menyediakan banyak pilihan.
Dengan potensi tersebut, PNPM Mandiri Bidang Pariwisata dialokasikan kepada kelompok kerja yang dinilai cukup kreatif mengembangkan potensi SDM kelompok mereka, dalam bidang usaha dan peningkatan kepariwisataan.

“ Untuk tahun 2011 ini, nagari yang mendapat prioritas menerima bantuan ini adalah nagari Batu Bajanjang, kecamatan Lembang Jaya, “ ulas Kadis Pariwisata dan kebudayaan Kab. Solok itu sumringah.
Bukan sesuatu yang mewngherankan kalau nagari Batu Bajanjang mendapatkan dana PNPM Bidang Pariwisata. Nagari yang berada di kaki gunung Talang tersebut sejatinya juga menyimpan objek wisata alam dan pergunungan yang menakjubkan. Bahkan ketika pengunjung wisata hendak melakukan kegiatan pendakian gunung Talang, justru pintu masuk sebelum naik  gunung Talang itu justru dari kawasan nagari Batu bajanjang tewrsebut.

Belum tahu benar nilai nominal yang akan diterima oleh Kabupaten Solok, tetapi menurut Jasman, PNPM ini sendiri diyakini cukup membantu untuk menunjang kepariwisataan dan peningkatan SDM kelompok usaha mandiri masyarakat yang seharusnya terus berkembang.

Kelak, disamping pendampingan dilakukan oleh fasilitator yang telah ditenjuk langsung untuk pengembangan PNPM Mandiri Bidang Pariwisata itu, pihaknya sendiri akan rutin melakukan pengawasan dan pembinaan kepada kelompok-kelompok penerima bantuan .

“ Kabupaten Solok baru tahun 2011 ini menerima bantuan PNPM Mandiri Bidang Pariwisata dank arena itu harus kita jaga agar mencapai sasaran. Bantuan ini sejatinya amanah dan tentunya masyarakat dihimbau agar mampu memanfaatkan am,anah ini supaya nanti lebih dipercaya menjalankan program-program serupa, “ tambah Jasman menyudahi.***

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar