Laman

06 Januari 2011

Kapolres Solok Ingin Wujudkan Obsesinya Membuka Drive Thru

Solok--Guna mendekatkan dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat, Kapolres Solok AKBP Ali Absar Said memiliki obsesi membuka pelayanan Drive Thru bagi wajib pajak (WP) kendaraan bermotor. Inovasi itu lebih mempertimbangkan jarak dan efektifitas pemilik kendaraan sebagai Wajib Pajak (WP) ketika melakukan pembayaran pajak relative jauh di Lubuk Selasih

Drive Thru bagian peningkatan pelayanan Cepat, Mudah dan Memuaskan, selain pelayanan Samsat Keliling tetap kita berdayakan, “ kata Kapolres Solok Ali Absar Said ketika menjawab Singgalang di operation room Mapolres setempat di Lubuk Selasih, belum lama ini.

Kapolres solok mengatakan, untuk Pelayanan Samsat Kelinling telah di uji cobakan di dua kecematan di Kabupaten Solok, yakin Lembah Gumanti dan pantai cermin. Terbukti pelayanan yang dilakukan 2 kali dalam sebulan itu mendapat sambutan positif dari masyarakat yang ingin melunasi kewajibannya.

Tetapi terhadap sistim Drive Thru, masyarakat belum banyak mengetahui. Di kota kota besar di Indonesia banyak yang semua menggunakan pelayanan public Drive thru. Menurut Kapolres Solok yang didampingi Kasat Lantas setempat AKP Hamidi, SH, Drive Thru adalah layanan yang bersifat langsung antara petugas dan wajib pajak.

Kapolres Solok optimistis obsesinya bakal terwujud karena Drive Thru memberikan pelayanan cepat dalam mengurus sesuatu tanpa ada campur tangan pihak ketiga. Proses Drive Thru ini cukup mudah dan gampang karena tidak perlu harus mondar mandir kesana kemari untuk pengurusan pajak kendaraan, hanya menunjukkan KTP,BPKB,STNK yang sesuai dengan KTP pemilik Kendaraan, maka proses pengurusan memakan waktu relative singkat.

“ Sebagai tahap uji coba kita ingin membukanya di kawasan kecamatan Kubung. Lokasi yang kita tengarai sangat ideal berada di kawasan nagari Koto Baru, “ sambung Kapolres Solok Ali Absar said.

Terhadap obsesi Kapolres Solok itu, Wakil Bupati Solok Drs. Desra Ediwan yang ditanyai soal itu praktis menyambut baik adanya pelayanan Drive Thru dalam pengurusan pajak. Pemerintah Kabupaten Solok, kata Desra, cenderung mendorong terciptanya inovasi baru di daerah itu.

“ Kita berharap cita-cita Kapolres Solok ini cepat terealisasi dan sudah barang tentu masyarakat dapat memanfatkan pelayanan Drive Thru dengan baik, begitu juga pelayanan Samsat Keliling yang telah diuji cobakan di kecamatan Lembah Gumanti, “ harap Desra Ediwan menyudahi.*****