Laman

24 Januari 2011

Masyarakat Paninggahan Sambut Rombongan  Exxon Mobil Amerika Dengan  Prosesi membuat Onde-Onde
 
PANINGGAHAN--Setelah sukses menjamu rombongan kapal pesiar Amerika yag mengangkut seratusan wisatawan mancanegara, Kabupaten Solok kembali  menjadi destinasi wisata bagi turis dari benua Paman Sam. Kehadiran turis dari Exxon Mobile Amerika itu,menurut Kepala  Dinas Pariwisata setempat Drs. jasman, MM berlangsung selama dua hari, Rabu dan Kamis (26-27/1).
“ Mereka kita bawa ke nagari Panianggahan, Kecamatan Junjung Sirih dan menginap di rumah gadang setempat, “ tutur jasman selepas melakukan rapat persiapan penyambutan Turis Exxon Mobile di kantor wali nagari Paninggahan, Senin (24).
Jasman menyebutkan, pihaknya berusahan semaksimal mungkin menyambut kunjungan-kunjungan wisatawan mancanegara sebagai wahana promosi pariwisata Kabupaten Solok ke dunia luar. Ia menilai kunjungan seperti rombongan kapal pesiar The Odessey tempo hari setidaknya menjadikan budaya dan objek wisata kabupaten Solok memberikan kesan tersendiri bagi pelancong tersebut.
“ Bahkan khabarnya selama dalam perjalanan mereka cenderung membicarakan kekayaan budaya kita. Informasi itu kita peroleh dari juru bicara rombongan turis itu, “ tutur Jasman.
Karena alasan itu, Jasman optimistis kepariwisataan Kabupaten Solok akan berkembang dan dikenal oleh pelancong dari mancanegara.” Selama enam bulan atau setahun ke depan, kita harus mempromosikan potensi wisata Kabuapten Solok, “ tambahnya.
Sebelumnya, rapat persiapan penyambutan rombongan turis Exxon Mobile yang berlangsung di kantor Wali Nagari Paninggahan terlihat antusias. dipimpin Wali Nagari Paninggahan Jasman S.Ag, peserta rapat yang terdiri dari pemuka masyarakat, ketua BMN, Bundo Kandung, Tokoh Pemuda, memberi kesan bahwa nagari Paninggahan siap mempersembahkan kekayaan budaya berikut segala aktivitas dan kultur masyarakat setempat. Rapat persiapan penyambutan turis mancanegara itu juga diikuti oleh Kepala Bidang Seni dan Budaya Dinas Pariwisata Kabupaten Solok Erizal, SE, MM.
“ Kita  berupaya menjual kepariwisataan kabupaten solok dari aspek kultur dan budayanya, “ tutur Erzal yang notabene juga ketua KAN Singkarak itu.
Wali Nagari Paninggahan Jasman menyebutkan serangkaian kegiatan masyarakat akan diperkenalkan kepada para turis Exxon Mobile. Mereka selain disuguhkan makanan khas Paninggahaan seperti lapek Bugih, Onde-Onde serta goreng bilih, kepada para pelancong juga akan diperlihatkan proses pembuatan onde-onde itu sendir.
“ Itu pasti menarik, karena mereka pasti bingung melihat ada gula didalam onde-onde. Mereka berpikir dari mana memasukkan gula itu, padahalonde-onde tidak berlobang, “ ujar Wali nagari sambil tersenyum
Atraksi lain yang akan dipersembahkan adalah proses baralek serta kesenian tradisi seperi  tari piring diatas kaca,  menonton beruk mengambilkelapa dan membajak sawah. Pada Kamis pagi hari, selepas sarapan lontong, turis itu juga dibawa ke objek wisata Muaro untuk menyaksikan proses penangkapan ikan bilih yang menjadi keseharian masyarakat setempat.
“ Banyak keuinikan yang akan kita tonjolkan, termausk membawa turis ke mato aie Paninggahan yang menyimpan legenda pula, “ kata Wali Nagari setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar